Telkom Memberikan Seminar Kiat Praktis Bebas Utang kepada Para UKM di Medan

KPBH-Medan

MITRA General Manager Witel Sumut Barat PT Telkom Tbk, Zahrial Hamid Nasution, didampingi Asisten Manager Community Development Sub Area Sumut Barat, Ben Sugito, Haris Islam, pembicara serta mitra binaan PT Telkom. (medanbisnis-ledimunthe)

MedanBisnis – Medan. Bagi setiap pelaku usaha, penting memiliki utang sebagai upaya mengembangkan bisnisnya. Dengan catatan utang tersebut diperuntukkan bagi penambahan modal usaha, bukan untuk kepentingan lainnya. Selain itu, utang-utang tersebut juga diharapkan jangan sampai diwariskan.
Bila demikian, utang tersebut akan menumpuk bahkan bisa mengancam kelangsungan bisnis. Oleh karenanya, diperlukan kiat praktis agar pelaku usaha bisa terbebas dari pada hutang-hutang tersebut.

Adalah fokus menjadi salah satu kunci untuk bisa melepaskan diri dari persoalan ini. Namun bukan fokus pada masalah, melainkan fokus dengan solusi atas utang tersebut. “Banyak orang mempunyai utang disebabkan salah fokus. Mereka hanya fokus dengan utang-utangnya. Akibatnya dia menjadi terbebani dengan utang,”ujar Haris Islam, Business Coach nomor satu di Indonesia yang menjadi pembicara dalam seminar “Kiat praktis bebas utang”.

Dalam seminar yang diselenggarakan Telkom Indonesia bekerjasama dengan MD Event Organizer, UTHB, Syafaat dan Karya Percetakan di Aula Telkom Medan, Jalan M Yamin, Rabu kemarin, Haris menyebutkan, saat seseorang memiliki utang yang terpenting itu, bukanlah fokus dengan masalah yang dihadapi, melainkan fokus untuk mendapatkan solusi.

Oleh karenanya, melalui seminar yang digelar dia berharap bisa memberikan solusi maupun pencerahan bagi mitra usaha dalam memenuhi kewajiban pembayaran utang ataupun pinjaman.

Dia menyebutkan, seorang pelaku usaha memiliki utang adalah hal yang wajar. Bahkan ada beberapa peserta pelatihan yang pernah diisinya, memiliki utang hingga Rp 40 miliar. Namun melalui kiat praktis bebas utang yang disarankannya dengan komitmen serta keinginan sukses utang tersebut perlahan bisa diselesaikan.

Dia menyebutkan banyak faktor yang mendorong seseorang memiliki utang. Misalnya saja menganggap utang tersebut mulia, kemudian tidak bisa membedakan mana prioritas kebutuhan dengan keinginan. Kondisi ini bias “mendorong” seseorang berutang. “Jadi selama keinginan tidak dapat ditahan, akan tetap berutang,” ujarnya.

Kemudian kebutuhan yang disebabkan pendapatan besar, namun tidak tunai. “Ini banyak pendapatan tapi piutang,” ujarnya. Dengan demikian, solusinya adalah memperbanyak penghasilan. Kemudian penjualan harus dilakukan secara tunai.

“Karena bisnis tunai itu, lebih menguntungkan dan menyenangkan,” ujarnya lagi.
Selain itu solusi lainnya, mengelola keuangan dengan benar, disamping mengubah paradigma agar bisa terbebas dari utang. Langkah tersebut bias dilakukan dengan adanya keinginan dan komitmen untuk sukses serta usaha.

General Manager Wilayah Telekomunikasi (Witel) Sumut Barat PT Telkom Tbk, Zahrial Hamid Nasution, didampingi Asisten Manager Community Development Sub Area Sumut Barat, Ben Sugito menyebutkan seminar yang digelar ini, merupakan salah satu bentuk pembinaan yang diberikan bagi mitra binaan.

Disamping sebagai bentuk membangun komunikasi yang terus menerus dengan mitra binaan. Ini juga agar tidak terjadi utang yang menumpuk, sebagai dampak dari ketidak tahuan dalam mengelola usaha.

Langkah ini sebutnya sebagia upaya memberikan solusi dan pencerahan bagi mitra binaan. Karena selama ini, mereka juga terkendala dalam memasarkan produknya. “Yang dimungkinkan karena pengetahuan maupun jaringan dan kreasi dan inovasi,” ujarnya.

Dengan seminar ini juga diharapkan sambungnya, mitra binaan yang mendapatkan pinjaman bergulir, mengenali utangnya. Sehingga modal usahanya dimanfaatkan sesuai perencanaan agar utang tersebut tidak menjadi warisan.

Asisten Manager Community Development Sub Area Sumut Barat, Ben Sugito menambahkan, kegiatan yang digelar tersebut diikuti sebanyak 30 an orang mitra binaan PT Telkom Tbk dan diberikan secara gratis. (ledi munthe)

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2014/11/27/132187/ukm-binaan-telkom-dapat-kiat-praktis-bebas-utang/#.VHg0KWf5kpq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s