Metode Aku Cepat Membaca (ACM)

ACMACM adalah metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini dan orang dewasa penyandang buta aksara dan membantu peserta didik memahami konsep membaca dan menulis secara mudah, cepat dan menyenangkan. ACM dirancang untuk mempermudah peserta didik dapat cepat belajar dalam membaca dan menulis. Metode ACM Mencoba Memberikan Alternatif Belajar  Membaca permulaan dengan Konsep “bermain sambil belajar” dan “ Belajar dengan Menyenangkan”, peserta didik tidak dipaksa untuk harus mau membaca. akan tetapi diarahkan dan dibantu untuk belajar membaca dan menulis dengan baik dan benar.Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran membaca dan menulis yang pada umumnya menempatkan pengenalan huruf sebagai langkah awal mengenalkan membaca pada anak,  metode ACM justru menempatkan pengenalanhuruf  pada akhir pembelajaran. ACM mengajarkan membaca secara utuh meliputi kata lembaga, perubahan bunyi a,i,u,e,o, bunyi transfer (sulit), bunyi nga-nya, bunyi mati, bunyi –ng , latihan membaca dan pengenalan huruf.  Materi ACM pun disusun dan disesuaikan dengan kemampuan rata-rata anak  yaitu dimulai dari pengenalan bunyi yang paling mudah hingga pengenalan bunyi yang paling sulit.

Metode ACM dapat diikuti oleh anak usia dini, TK (pra-sekolah), SD, dan orang dewasa. Dengan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan peserta didik secara bertahap dari materi kata lembaga ia mulai belajar sampai materi terakhir yaitu pengenalan huruf.  peserta didik dapat belajar melalui kursus di kelas secara klasikal maupun di rumah secara privat.

ACM adalah sebuah buku sederhana yang dikemas sebagai panduan/ acuan cara membaca dan menulis permulaan. Pembelajaran ini mencoba menggunakan metode yang pada saat sekarang ini sedang dikembangkan oleh berbagai ahli dalam pembelajaran membaca dan menulis dalam berbagai bahasa yaitu yang dikenal dengan pendekatan global yang bersifat Analitik Sintetik yang juga dikenal dengan nama Struktural Analitik Sintetik (SAS).

Metode ACM pada awalnya  disusun dengan metode yang baku dan dirancang mula-mula untuk anak-anak yang berbahasa Indonesia/ Melayu. Kalau kita perhatikan, bahwa tindak awal belajar membaca huruf latin itu Sebenarnya merupakan bagian daripada belajar bahasa Indonesia. Bahkan ia merupakan langkah awal daripada belajar bahasa tersebut. Oleh karena itu dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan harus menggunakan metode pembelajaran bahasa Indonesia.

Metode Pembelajaran ACM didesain secara istimewa, lain dari yang lain. Sangat inovatif dan kreatif sehingga membuat semua anak didik akan ketagihan belajar membaca dan menulis. Mereka menguasai tidak saja dalam hal kemampuan membaca dan menulis, tetapi yang lebih penting adalah mereka memahami konsep dasar dari membaca dan menulis itu sendiri. Dan tentunya hal ini sangat baik bagi prestasi anak didik di sekolah, maupun di masa depannya.

Buku ini sifatnya bukan mengajar, tetapi hanya mendorong, hingga guru hanya : TUT WURI HANDAYANI. Warga Belajar dianggap telah memiliki persiapan dengan pengetahuan tersedia. Warga belajar membuka buku atau melihat alat peraga/papan tulis tidak dalam keadaan kosong. Karena sudah punya persiapan, maka murid tinggal membaca sendiri, memisah sendiri, memilih sendiri dan memadu sendiri. Disini WB tampak cerdas. Karena itulah pembelajaran ini dengan metodenya, memenuhi syarat untuk disebut : Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).

Metode ACM  ini memiliki komposisi pembelajaran 70% belajar membaca dan 30% belajar menulis. Pembelajaran ini juga menggunakan konsep sambil bermain, mengembangkan kreatifitas dan imajinasi dengan bercerita, alat peraga, musik sebagai media dan bahan belajar  serta media-media pendukung lainnya. Sumber : http://akucepatmembaca.com

One response to “Metode Aku Cepat Membaca (ACM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s